MITOS, METONIMI, dan METAFORA LOGO GRUP AESPA VERSI "SAVAGE"

Kajian Seni Rupa dan Desain
Nama: - Anisa Silfiana Putri (202146500787)
            - Diana Herfryta Sari (202146500762)


Tugas Kelompok 
Mitos, Metonimi, dan Metafora Logo Grup Aespa Versi 1st Mini Album "SAVAGE"

    Dalam kajian seni rupa desain, mitos, metonimi, dan metafora memiliki pengertian yang berbeda. Mitos merujuk pada narasi atau cerita tradisional yang memiliki nilai simbolis dan mitologis. Mitos dalam seni rupa desain sering digunakan sebagai sumber inspirasi untuk menciptakan karya yang menggambarkan asal-usul, simbol-simbol, dan nilai-nilai budaya tertentu. Mitos dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau menciptakan ikonografi yang kuat dalam desain. Metonimi, digunakan untuk menggambarkan atau merepresentasikan suatu objek atau konsep dengan menggunakan elemen yang berkaitan secara langsung atau asosiatif. Metonimi dalam desain membantu menciptakan identitas visual yang kuat dan mudah dikenali untuk suatu entitas atau ide. Metafora, dalam seni rupa desain melibatkan penggunaan perbandingan atau penggabungan elemen-elemen yang tidak secara harfiah terkait untuk menghasilkan makna baru atau interpretasi yang kreatif. Metafora dalam desain dapat memanfaatkan simbol, bentuk, warna, atau bahkan pengaturan ruang untuk mengkomunikasikan gagasan, emosi, atau pesan secara lebih mendalam dan berarti.


(source: https://pin.it/4VPrlqw)

  • Mitos
Nama grup Aespa, menggabungkan inisial bahasa Inggris untuk "avatar" dan "pengalaman" (Avatar X Experience) dengan kata bahasa Inggris "aspek", yang berarti dua sisi, untuk melambangkan gagasan "bertemu diri lain dan mengalami dunia yang baru". Logo ini mencerminkan mitos dan citra yang terkait dengan anggota grup dan konsep musik yang mereka bawa yaitu konsep yang kreatif dan unik aespa yang menggabungkan dunia nyata dan dunia maya. Mereka dikenal dengan konsep "avatar" di mana setiap anggota memiliki versi virtual diri mereka yang disebut "æ-avatar". Konsep ini memungkinkan interaksi antara dunia nyata dan dunia maya, menciptakan narasi yang menarik, dan inovatif. Logo ‘Savage’ mempresentasikan dari identitas dan cerita unik girl group ini yang berlatar dunia digital futuristik, di mana masing-masing dari empat anggotanya hidup berdampingan dengan alter ego, atau avatar mereka. Melihat pada aspek metaverse dari brand aespa, mereka menggunakan genre ‘metaverse’ untuk mengekspresikan pandangan dunia yang unik ini dan konten terkait dengan cara yang realistis dan juga dinamis. Karena ‘Savage’ juga didasarkan pada pandangan dunia, aespa menggabungkan CG dan animasi untuk menarik pemirsa ke dalam cerita mereka. Logo pada mode era ‘Savage’ dengan detail memunculkan kesan eksentrik dan dengan mengkomunikasikan interpretasi individual mereka tentang kekuatan gadis modern. Mitos pada logo tersebut dapat menggambarkan keberanian, kekuatan, dan ciri khas dari masing masing masing anggota
  • Metonimi
Logo aespa savage menggunakan rangkaian huruf yang membentuk kata 'savage', sebagai metonimi yang mewakili konsep album secara keseluruhan. Bentuk logo savage desainnya dibentuk sedemikian rupa dengan gaya yang unik mempresentasikan konsep futuristik dan girl crush. Secara langsung konsep musik yang mereka bawa dan menjadi identitas visual yang kuat dan mudah dikenali bagi grup tersebut. Logo aespa 'Savage' memiliki bentuk geometris yang khas dengan sudut-sudut tajam dan garis-garis yang dinamis. Bentuk ini adalah metonimi untuk konsep musik dan citra grup yang kuat, berani, dan energik yang disampaikan dalam album Savage. Logo album aespa 'Savage'  menggunakan kombinasi warna hitam, putih, dan silver metalik. Warna metaliknya dikaitkan dengan kekuatan, intensitas, dan ke-elegant-an. Sedangkan hitam menciptakan kontras yang dramatis terhadap putih. Penggunaan warna ini dapat menjadi metonimi untuk energi, ketegasan, dan keberanian yang terkandung dalam album aespa 'Savage'. Tampilan elemen garis-garis dan tekstur yang kompleks menjadi metonimi untuk dinamika yang dinamis, modern, berani, dan kompleksitas dalam musik dan konsep album 'Savage'. Sehingga, menggambarkan visi dari aespa menjadi grup yang inovatif, maju, dan selalu berada di garis depan perkembangan teknologi dan musik
  • Metafora
Metafora dalam logo aespa 'Savage' muncul melalui simbol, bentuk, warna, serta gaya desain yang unik. Bentuk logo yang futuristik dengan visual girl crush yang ditimbulkan mewakili dimensi keberanian atau sesuatu yang kuat tak tertandingi. Sehingga, memunculkan emosi dan daya tarik yang kuat terkait konsep. Kemudian Pilihan warna dalam kostum, latar belakang, dan konsep logo aespa juga memiliki simbolisme tertentu. Warna hitam sering digunakan untuk menekankan kesan kuat, misterius, dan penuh kekuatan. Warna lain yang timbul seperti merah atau ke emas an dapat melambangkan energi, percaya diri, atau keagungan. 

(source: https://pin.it/OrA6p5c)

Metafora dalam logo aespa diluar dari album 'Savage' ini juga dapat terkait dengan interpretasi visual dan artistik dari lingkaran dan garis melingkar di dalamnya. Lingkaran dapat mewakili kesatuan dan hubungan antara anggota aespa, sementara garis melingkar dapat menggambarkan hubungan dan interaksi antara dunia nyata dan dunia maya yang disajikan dalam konsep grup. Metafora ini menggambarkan pesan tentang keberadaan dua dunia yang saling terhubung dan interaktif.


Kesimpulan:
    Dalam seni rupa desain, mitos, metonimi, dan metafora dapat digunakan sebagai alat ekspresi dan komunikasi yang kuat. Penggunaan mitos dapat memperkaya narasi visual dan memberikan konteks budaya yang mendalam. Metonimi membantu membangun identitas visual yang kuat dan langsung terkait dengan merek atau konsep yang diwakili. Sementara itu, metafora dapat memberikan dimensi dan makna simbolis yang mendalam dalam karya desain. 
    Jika disimpulkan secara keseluruhan setelah mencari mitos, metafora, serta metonimi pada logo grup aepa 'Savage' ini, mitos yang didapat mencerminkan citra yang terkait dengan anggota grup dan konsep logo yang mereka bawa yaitu unik dan eksentrik. Mitos pada logo tersebut dapat menggambarkan keberanian, kekuatan, dan ciri khas dari masing masing masing anggota. Metonimi logo aespa 'Savage' menggunakan rangkaian huruf yang membentuk kata 'savage', sebagai metonimi yang mewakili konsep album secara keseluruhan. Bentuk logo savage desainnya dibentuk sedemikian rupa dengan gaya yang unik dengan sudut-sudut tajam dan garis-garis yang dinamis sebagai metonimi untuk konsep musik dan citra grup yang kuat, berani, dan energik. Secara langsung konsep musik yang mereka bawa dan menjadi identitas visual yang kuat dan mudah dikenali bagi grup tersebut. Metafora dalam logo aespa 'Savage' muncul melalui simbol, bentuk, warna, serta gaya desain yang unik. Bentuk logo yang futuristik dengan visual girl crush yang ditimbulkan mewakili dimensi keberanian atau sesuatu yang kuat tak tertandingi.



Sekian dan Terimakasih... ><

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Abstrak Makna dan Unsur Desain Grafis pada Logo Grup Aespa Versi 'Savage'